Kamis, 10 Desember 2009

Mangga Raksasa







Mangga ini aku dapat dari kota Jepara, orang Jepara menyebut mangga ini **PAKEL**
terdengar aneh memang tapi itulah nama dari mangga ini di kota Jepara, pada umumnya **PAKEL**adalah sebutan untuk mangga muda.
Jenis mangga ini yaitu mangga **KWENI** wanginya kuat, rasanya manis & asam segar dibuat juice.


Daging buahnya sangat tebal dengan biji sedikit lebih besar dari mangga pada umumnya.


Konon cerita dari yang empunya mangga raksasa, mangga ini bisa matang jika dipetik pada waktu hujan atau jatuh dengan sendirinya, yah percaya gak percaya kebetulan sekali waktu aku hunting ne mangga emang lagi hujan deras, so cepat matang.


Mangga ini berbuah setahun sekali kebetulan aku dapati bulan November 2009.


3 komentar:

  1. Kalau menurut saya, pakel dan kweni itu berbeda. Sejak jaman embah-embah saya juga sudah membedakan antara kweni dan pakel. Saya sendiri sudah agak lupa perbedaannya, soalnya terahir mengamati saat saya masih SD. Setiap bernagkat dan pulang sekolah jalan kaki selalu melintasi banyak pohon pakel dan kweni.
    Menurut saya tajuk, daun, dan ukuran pohon kweni-pakel berbeda..pohon pakel cenderung vertikal. Lalu dari aroma atau bau buah kweni juga berbeda dengan pakel, tapi memang sama2 menyengat hanya saja salah satunya lebih lembut aromanya. Buah pakel biasanya kulitnya tidak sehalus kweni dan saat keduanya matang, buah pakel cenderung tetap keras tidak seperti kweni yg lebih empuk bila ditekan mungkin karena serat buah pakel lebih banyak. Pada dasarnya sulit mengetahui buah pakel sudah matang atau masih mentah, sedangkan penampilan buah kweni menurut saya lebih menarik.
    Itu saja pengalaman pengetahuan saya semasa kecil :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya satu lagi..
      Katanya getah kweni juga bisa menyebabkan iritasi jika kena kulit, kalau istilah jawanya "dadak'en" seperti getah kacang mede (jambu monyet) maklum mereka satu kerabat. Tapi kalau getah pakel saya belum pernah mengalami dampaknya.

      Hapus
  2. Iya tp menurut daerahku pakel.itu mangga muda

    BalasHapus

MY fRIEND'S

www.quranexplorer.com

Quran Explorer - Interactive Audio Recitations & Translations